Friday, December 29, 2017

Wisata Taman Burung Bird & Bromelia Pavilion Bandung


Liburan anak-anak akhir semester ini diawal dengan sakit diare selama dua hari yang bikin lemes tapi ternyata tetep ga bisa bikin kurus hehehe. Dua hari dirumah, sambil sakit sambil mikir juga, kasian liat anak anak kerjaannya jadi cuma nonton televisi aja dirumah. Setelah badan terasa agak enakan akhirnya saya memutusin deh untuk bawa anak-anak jalan-jalan. Yap jalan-jalan ke Wisata Taman Burung Bird & Bromelia Pavilion Bandung, yang katanya banyak burung-burung bagus dengan suasana yang nyaman dan dingin karna letaknya di Bandung dataran atas, Dago. Hehehe.

Sedikit unplanning sih sebenernya karna awalnya ga tau mau kemana. Tadinya ya sudahlah jalan aja dulu muter muter di Bandung seberhentinya dimana. Tapi tiba-tiba teringat temen-temen yang kemarin ke main ke Wisata Taman Burung Bird & Bromelia Pavilion Bandung, yang seharusnya saya dan anak-anak juga ikut tapi karna sakit terpaksa harus skip


Saya ga kepikiran kesini awalnya karna alasannya tempatnya si Bird & Bromelia Pavilion Bandung ini tuh katanya ada di Dago Giri yang mana berarti rute perjalanannya tuh banyak tanjakan, jalannya agak sempit dan musim libur gini tuh rame, jadi ya saya males mikir macet plus di kasih tanjakan pula, horor banget deh buat saya hahaha. Kalau udah gini saya sih biasanya udah nyerah dan lebih ngandelin Bapa buat bawa mobil. Kedua karna ya pengennya kalau liburan ke tempat wisata gitu sih saya pengennya full team gitu. Tapi ya karna kebetulan hari ini bukan tanggalnya libur buat orang yang bekerja dan bapa juga ga ambil cuti jadi ya terpaksa deh perginya bertiga aja.

Setelah nyalain mobil, akhirnya nekat juga tuh buka aplikasi google map dan ketik  Bird & Bromelia Pavilion yang letaknya ada di Jln. Akaza Utama no. 9 Pramestha Resort Town Dago Giri,Bandung. Si Google Map bilang waktu tempuhnya sekitar 54 menit dengan jarak tempuh sekitar 20 km dari rumah saya dan saya liat di map rutenya ga banyak merah-merahnya berarti ga gitu macet. Ya sudahlah akhirnya modal nekat saya berangkat sama anak-anak ke  Bird & Bromelia Pavilion Bandung. Bismillah.

Perjalanan sampe terminal dago alhamdulillah lancar, ya paling ketemu macet-macet standar disekitar jalan Ir. H. Djuanda arah dago atas. Sampai di depan terminal dago karna posisi mobil ada disebelah kanan dan rute yang saya liat di aplikasi kalau didepan bakal belok kekiri ya sudah saya pindah jalur kekiri, tapi  ditengah keriweuhan mau pindah jalur eh tiba-tiba si Google Map nawarin jalur alternatif. Saya OK in aja. Ya maklum udah keder duluan, saya pikir apa jalannya kelewat apa macet dll, maklum konsentrasinya terbagi. 

Saya pun ikutin rute yang di kasih sama Si Google Map, makin lama rute makin sepi, jalanan makin nanjak terjal, jalan makin ngecil. Dan tiba tiba saya jadi ga pede jadi ciut sendiri nih nyalinya apalagi anak-anak yang tadinya heboh tiba-tiba jadi diem dimobil kayanya kebawa tegang juga. hahahaa. Saya tuh beberapa hari yang lalu baru aja liat postingan orang yang nyasar ke jalan sempit yang kecil gara-gara Google Map. Lah saya jadi kepikiran nih  jangan-jangan Google Map nyasarin saya lagi (suudzon duluan). Aplikasikan bisa aja salah, dia bukan Tuhan hehee. Terus bener aja Si Google Map bilang Turn Left, Turn Left padalah pas mau belok jalannya mudun (turunan terjal) dan jalannya kecil (sepengelihatan saya) kayanya mobil ga muat tapi saya udah keburu ciut akhirnya saya gas terus deh keatas. 

Saya mulai gak yakin apa bener ya ini tadi saya ketik Bird & Bromelia Pavilion jangan jangan salah alamat (hahaha mulai ga pede). Tapi setelah saya cek ulang di aplikasi, bener kok. Ya sudahlah akhirnya saya pasrah saja, kalau emang beneran nyasar saya pikir saya akan telepon bapanya anak-anak buat jemput kesitu (yang entah dimana) hahahaa. Akhirnya saya lanjutin perjalanan yang kira-kira menurut aplikasi akan tiba dalam 10 menit lagi dengan kondisi yang masih nanjak dan jantung saya masih was-was dalam hati cuma berdoa "Ya Allah, kapan nemu pudunan nihh.." hehehe (katro kan).


Singkat cerita, Alhamdulillah akhirnya saya dan anak-anak sampai di tempat tujuan Bird & Bromelia Pavilion dengan selamat. Hehehe rasanya begitu sampe legaaa bangeet. Dan berasa kaya abis advanture dimana gitu and i was made it.  Yes i did it! (emak lebay). Ternyata lokasinya kaya masuk dalam perkomplekan villa gitu. Bukan dipinggir jalan banget. Ternyata Bird & Bromelia Pavilion berlokasi didalam kawasan Pramestha Resort Town. Dan taman burung Bird & Bormelia Pavilion ini merupakan salah satu fasilitas di area paviliun resort ini.


Saat masuk kita langsung disambut sama mba-mba SPG nya yang giring kita ke pintu masuk Bird & Bromelia Pavilion, karna mungkin emang pasti bingung pas pitu masuk tuh yang pertama dilihat adalah resto gitu, padahalkan ga pengen makan walaupun emang tapi sempet deg-degan dijalan tapi belum laper kok.. hehehe


Sampai dipintu masuk, seperti biasa ketemu kasir tempat beli tiket masuk taman wisata. Diluar yang saya bayangin, saya pikir bakalan rame dan antri seperti waktu ke dusun bambu, atau ketempat wisata lainnya, ternyata disini ngga. Kita langsung beli tiket masuk dengan tarif Rp. 50.000/orang dengan lama waktu sepuas-puasnya secape-capenya ampe tutup hehehe. Oya, untuk beli pakannya harganya Rp. 20.000 dan untung saat itu lagi habis jadi saya ga tergoda buat beli hehehe. 


Taman burung ini konsepnya lebih mengarah ke edukasi dan interaksi. Dengan burung-burung yang ada dalam aviari besar (bangunan berukuran besar tempat memelihara berbagai jenis burung agar burung itu dapat terbang bebas dan leluasa di dalamnya). Begitu masuk kita langsung disambut oleh sepasang burung unta pink tapi dalam bentuk patung.. hehehehe.. sebenernya kaya area duduk-duduk buat istirahat gitu sih. 



Di Bird & Bormelia Pavilion di sana terdapat berbagai macam jenis burung yang di bagi menjadi 5 zona. Mulai dari zona burung parkit, dari keluarga paruh bengkok, ada zona burung nuri, zona burung darat, ada unggas air (wet zone) dan zona burung kicau.

Disini cocok banget buat wisata keluarga terutama anak-anak yang ingin mengenal aneka macam burung. Disini ada burung nuri ambon, caique parrot, double yellow amazon, burung macaw scarlet, nuri merah dan yang lainnya. 










Dan beberapa koleksi Burung Hantu


Ada beberapa macam unggas air pada zona basah (wet land) seperti angsa bebek dan merpati air.




Burung-burung yang lucu-lucu  selain dilihat-lihat boleh ko dipegang-pegang (hehehe kaya apaan yaa) maksudnya kita boleh foto foto bareng sama burung-burung lucu itu yang ternyata jinak. Awalnya saya juga takut sih, takut burungnya tiba-tiba ngrowot muka saya yang alhamdulillah manis ini (bahahahahha-jangan muntah plis). Tapi alya dan dika tetep aja takut ga berani foto bareng burung alasannya berat hahaha emang iya sih (walaupun ga seberat beban hidup ini--eaaaa).


Sebenernya untuk ukuran tempat wisata sih ini tempatnya ga terlalu besar tapi tempat ini didekor dengan apik sehingga seakan-akan kita sudah muter jauh padahal masih disitu-situ juga. Dekorasi tamannya juga bagus jadi selain berwisata kita bisa sampil foto-foto.


Ada beberapa sangkar-sangkar kecil yang dibikin dalam bentuk yang lucu-lucu sehingga menambah dekor taman menjadi lebih bagus.



Anak-anak seneng banget dibawa kesini karna bisa mengenal beraneka macam burung yang ternyata ada macam berwarna warni karna yang mereka tahu burung peliharaan kukung dirumah warnanya cuma putih sama hitem aja. Mereka juga baru tahu ternyata burung juga makan kwaci, (kirain ibunya aja yang makan kwaci hahahhaa). Mereka jadi tau binatang unggas seperti bebek yang mereka cuma denger dari lagu bebek angsa dan film donak bebek (hahahaa). 

Belajar sambil bermain dengan suasana yang sejuk anak anak ga cepat bosan dan lelah, bahkan dika malah asik berlari kesana kesini sampe ibunya lelah sendiri mengejar-ngejar dika. Oya disini ada satu permainan ayunan yang lucu banget karna ditaro didalam sangkar gitu, jadi anak-anak yang main ayunannya kaya ada didalam sangkar gitu. Anak-anak betah banget nih main didalam sangkar padahal orang lain mau gantian buat foto-fofo hehehe.


Karna tempatnya emang ga gede-gede amat, sebentar aja kita udah selesai muterin tamannya, bahkan karna kayanya merasa kurang kita puterin sekali lagi tamannya hehehe ga mau rugi secara biaya masuknya Rp. 50.000,- lumayan mahal untuk ukuran taman sebesar itu sih hehehe (emak-emak lagi lagi perhitungannya ga kuat hahaha).

Akhirnya ibu yang lelah dan mutusin untuk mengajak anak-anak pulang mengingat perjalanan pulang yang pastinya bakalan macet sementara schedule kita selanjutnya adalah nonton Si Juki hehehe padet banget ya, maklum liburan ga mau rugi jadi dimanfaatkan semaksimal mungkin.


Oya sebelum pulang karcis masuk yang kita punya bisa dituker sama air mineral, lumayan habis cape dan kehausan dikasih minum. Jadi buat temen-temen yang kesana jangan lupa buat nuker karcis masuknya.


Bdw, ternyata ade lelah juga, dijalan pulang dia langsung tepar deh, tidur cakep di kursi sebelah, sementara ibunya mulai horor lagi ngadepin tanjakan dan kemacetan hahahhaa.




No comments:

Post a Comment