Friday, January 26, 2018

Food Preparation



Sudah 3 minggu ini, saya mempraktekkan metode Food Prep (Preparation). Apa sih Food Prep itu? Kebanyakan orang pasti sudah tau apa sih Food Prep itu? Food Prep yang saya lakukan sendiri disini adalah nyiapin (membersihkan, memotong) dan nyimpen bahan-bahan makanan (sayuran dan lauknya) yang akan saya masak selama 1 minggu ke depan. Kegiatan Food Prep ini saya lakukan 1 minggu sekali diakhir pekan, biasanya di hari sabtu/minggu setelah saya belanja kebutuhan sayuran mingguan. Saya mempraktekkan metode Foodprep ini untuk mempersingkat waktu  kerja saya di dapur dan supaya bahan makanan lebih tahan lama tapi juga supaya kulkas saya menjadi lebih rapih dan teroganisir.

***

Memang setelah pindah ke Bandung (lagi), saya kembali menjalankan kiprah saya sebagai Tukang Masak di rumah, setelah vacuum hampir 4 tahun hehehe, ya paling masak cuma di weekend doank sih itu juga kalo ga keburu cape, kalo cape ya udah deh bubye, absen deh masaknya.

Kiprah sebagai tukang masak, iya sebagai seorang istri, ibu, ya memang pengennya (harusnya) selalu bisa masakin makanan buat suami dan anak-anak setiap hari. Iya setiap hari walau saya punya ART tapi saya lebih suka melakukannya sendiri kalau urusan masak, karena saya pengen apa yang dimakan oleh suami dan anak-anak adalah makanan yang dibuat dari tangan saya sendiri. 

Dan dengan status saya sebagai Working Mom ya tentunya juggling banget setiap paginya. Antara masak dan mastiin makan dirumah beres, nyiapin bekel anak kesekolah, dan persiapan buat saya sendiri untuk siap-siap kekantor. Alhamdulillahnya kaka udah mandiri jadi ibunya ga repot untuk mandiin atau bantu dia siap-siap. Paling ibunya cuma bantu pake suara aja "Kak ayoo cepet mandinya..cepet pake bajuyaa.. " maklum anaknya lelet hehehehe.

Sewaktu di Jakarta saya tuh terkenal sebagai orang yang lelet (heheh ketauan deh nurun lelet dari mana). Temen saya sampai panggil saya si Lelet Mahati karena saya suka dateng terlambat. Dulu karna anak kosan, kehidupan saya di pagi hari bisa dibilang super santai, saantaaaii banget malah sampe lupa waktu, maklum pagi pagi ga ada yang harus diurus selain diri sendiri jadi kalo urusan sendiri sih rasanya bawaannya santai dan kaya banyak toleransi alhasil berangkat kekantor selalu mepeet berujung telat dan Tukin selalu kena potong deh hehehe (sesi curcol).

Setelah di Bandung, keadaan bertolak belakang banget, bisa dibilang keadaan "memaksa"saya untuk berubah 180 derajat (kira kira begitu deh kalo diukur pake busur derajat hehehe) dari si Lelet Mahati menjadi si Gesit Mahati (asik gesit-namain diri sendiri-hahahha). Saya jadi orang yang harus bisa manajemen waktu. Saya harus bisa mengukur waktu yang pas kapan saya harus memulai runtutan kegiatan saya dipagi (subuh) hari sebelum kekantor. Membagi-bagi waktu, menentukan berapa lama saya harus harus masak, kemudian mandi, berpakaian dan berdandan sebelum ke kantor. Pokoknya saya harus sudah start berangkat dari rumah itu jam 6 pagi karna alya masuk pkl. 06.50 wib. Walau pada kenyataannya berangkatnya akhirnya selalu mundur 15 menit (batas mepet), karena waktu yang saya butuhkan untuk berada di hapur tenyata lebih banyak dari yang saya jadwalkan.

Saya bangun jam 4 pagi dan saya kasih waktu untuk di dapur maksimal 1 jam, dan jam 5 saya harus sudah selesai masak dan mandi, lalu jam 6 berangkat kekantor. Tapi memang ekspetasi tak selalu sesuai dengan kenyataan, karna saya membutuhkan waktu lebih banyak untuk masak. Tau sendirikan kalau masakan ga bisa ditinggal ditengah jalan kalau belum selesai dimasak, alias kudu ditongkrongin sampe selesai  Dan keketeran ini 50% disebabkan oleh persiapan memasak seperti memotong sayuran, mengupas bawang, mengiris bawang dll yang memakan waktu.

Walaupun saya sudah bangun pagi banget, ternyata ngga cukup nolong. Saya pikir cara saya ini memang ngga efesien banget, walau saya sudah di bantu oleh seorang ART tapi tetep aja ko masi keteteran ujung-ujungnya yang paling merasakan dampaknya adalah Kaka Alya yang jadi terlambat kesekolah. So saya putuskan deh tuh memulai metode Foodprep ini.

***

Yup, melalu medsos pula (alhamdulillah medsos berdampak positif ya hehehe) Saya terinspirasi dengan Foodprep ini. Waktu itu saya melihat salah satu postingan dari artis cilik jaman saya Eno Lerian yang mempraktekkan metode Foodprep ini. Sudah cukup lama sebenernya terinspirasi dengan metode yang digunakan oleh Eno Lerian mengenai Food Prep ini tapi belum terlaksana aja karena alasannya belum punya containerlah padahal mah males aja hahaha.

Segala sesuatu kalo ga dipaksain ya ga akan jalan-jalan emang. Tahun baru ceritanya kan Resolusi Baru, jadi pribadi yang lebih baik termasuk lebih baik dalam manajemen waktu. Dan Foodprep ini adalah salah satu cara memujudkannya hehehe.

Setiap minggu setelah selesai belanja, biasanya saya males banget buat beres-beres belanjaan di dapur karena energi sudah terkuras selama berbelanja di pasar dimulai dari memilih, mengantri belanjaan supaya ditimbang dan di hitung sampe ngangkut-ngangkut (lebayyy deh-hehehe padahal yang nganggkut suami). Akhirnya saya serahkan urusan beberes sepenuhnya kepada si mba di rumah supaya saya bisa sedikit leyeh-leyeh sebelum mulai lagi untuk masak. Tapi setelah Foodprep ini saya malah jadi semangat buat beres-beres belanjaan. Saya seneng melakukannya sendiri karna saya yang planning bakalan masak apa aja buat satu minggu kedepan jadi apa aja yang disiapkan dan saya juga jadi tau dimana letaknnya dikulkas.


Saya mulai ritual dengan membersihkan lauk, ayam udang cumi ikan. Lalu saya masukkan satu persatu ke dalam food container. Jumlah lauk percontainer tentunya sesuai kebutuhan porsi lauk perhari yang akan saya masak untuk makan orang satu rumah  untuk 3x makan tentunya.

Oya belanjaan saya sih belanjaan masakan standar aja seperti sayur sop, ayam goreng, tumis-tumisan sayur dan ga lupa pete dan jengkol kadang kadang nyelip hahaha.



Setelah selesai dengan lauk, saya berlanjut ke sayur-sayuran. Kalau ada yang perlu saya kupas seperti wortel akan saya kupas lebih dahulu kemudian saya potong sesuai dengan kebutuhan menu masakan saya cuci lalu saya masukkan kontainer. Isi satu food container ada yang sekali porsi ada yang beberapa porsi untuk beberapa kali masak misalnya buncis yang saya siapkan untuk memasak sop, capcai dan tumis buncis. Jagung yang bisa untuk beberapa kali masak karna memang penggunaannya juga tidak banyak. Wortel untuk sop dan capcay, tapi wortel kebetulan habis jadi ga difoto deh. hehehe. 


Bukan cuma sayur dan lauk, untuk daun bawang, selederi, cabe-caben, sere, dan salam, bumbu dapur juga saya rapikan dan masukkan ke dalam food container, tujuannya ya agar ga gampang layu terutama daun bawang dan seledri.


Oya food container yang saya gunakan sih variatif, yang ada dirumah aja saya gunakan, sisanya yang kurang saya beli. Kebetulan dirumah ada beberapa food container tuperware yang emang terkenal kedap udara, lalu untuk lauk pauk emang ga butuh yang kedap udara jadi saya pake yang biasa aja yang ada dirumah, wadah bekas beli duren hehehe. Sisanya saya beli Food Container kedap udara dari Lion Star, modelnya mirip sama Lock n Lock tapi dengan harga dibawah Lock n Lock. saya pakai mulai dari ukuran 1,25 ltr - 2 ltr variatif sesuai dengan kebutuhan.


#
MANFAAT

Setelah 3 minggu mempraktekkan Foodprep ini, manfaat apa sih yang saya rasain? perubahan apa yang saya alami? Selain kulkas saya menjadi tertata rapih dan bahan makanan menjadi lebih mudah dilihat dan dicari, yang jelas yang terasa banget adalah Penghematan waktu donk. Saya jadi memangkas waktu saya di dapur menjadi lebih singkat. Waktu untuk saya bekerja di dapur jadi lebih cepat, saya tidak perlu membuang waktu untuk memotong-motong sayuran, mengupas kulit bawang, karna bawang bahkan bukan saja saya kupas tapi sudah saya haluskan sehingga pas masak saya tinggal menyendok saja dari wadahnya.

Berapa lama waktu yang saya hemat? saya bisa menghemat waktu sekitar 30 s/d 45 menit tergantung masakan yang saya masak juga. Biasanya saya membutuhkan waktu sekitar 60 s/d 90 menit. Drastis saya memangkas waktu sampai dengan 50%nya kan?


Lalu? itu aja? ngga donk. Selain waktu, saya juga menghemat biaya donk pastinya. Saya dapat meminimalisir pengeluaran belanja mingguan saya, dan mengurangi biaya lainya. Contohnya dimulai dari hal kecil saja saya mengurangi pembelian plastik makanan yang tadinya saya pakai untuk membungkus lauk seperti ayam ikan dkk). Dengan menggunakan food container yang bisa dipakai berulang-ulang saya jadi tidak perlu membeli plastik lagi yang mana juga dengan kata lain dengan saya tidak menggunakan plastik lagi berarti otomatis saya juga mengurangi sampah plastik yang mana berarti saya (tanpa disadari) ikut menyumbang menjaga kebersihan lingkungan. Jadi double impact gitu kan? hehehe.


Saya melakukan penghematan belanja sampai dengan Rp. 100.000,-/minggu. Ko bisa? Iya bisa donk. Sebabnya adalah sekarang saya jadi bisa mengukur sayur/lauk apa aja sih yang saya harus beli dipasar? jadi tau bahan makanan mana saja yang masih ada? mana yang sudah habis? saya jadi tahu karna semua bahan makanan di food container sudah tertata rapih di kulkas.  Sebelumnya saya tuh kalau belanja ga pernah ngitung-ngitung apa aja yang perlu dibeli, saya selalu membeli semua bahan makanan  karna saya ga tau yang mana yang habis mana yang belum. Akhirnya saya seringkali menumpuk bahan makanan sampai kadang jadi keburu busuk dan kebuang percuma. seperti bawang daun seledri bahkan saya juga bisa menghemat bawang merah dan bawang putih karna pemakaian setelah dihaluskan lebih hemat daripada pemakaian diiris.

Dan maanfaat terakhir adalah saya jadi semakin semangat dan memasak, kebingungan menentukan pilihan menu juga jadi berkurang karna saya sudah merencakannya sebelum saya pergi berbelanja.

No comments:

Post a Comment